cover
Contact Name
Fajril Akbar
Contact Email
ijab@fti.unand.ac.id
Phone
+627517770
Journal Mail Official
teknosi@fti.unand.ac.id
Editorial Address
Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi Universitas Andalas Kampus Limau Manis, Padang 25163, Sumatera Barat
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Jurnas Nasional Teknologi dan Sistem Informasi
Published by Universitas Andalas
ISSN : 24768812     EISSN : 24603465     DOI : https://dx.doi.org/10.25077/TEKNOSI
Core Subject : Science,
Jurnal ini menerbitkan artikel penelitian (research article), artikel telaah/studi literatur (review article/literature review), laporan kasus (case report) dan artikel konsep atau kebijakan (concept/policy article), di semua bidang : Geographical Information System, Enterpise Application, Bussiness Intelligence, Data Warehouse, Network Computer Security, Data Mining, Computer Architecture Design, Mobile Computing, Computing Theory, Embedded system, Decision Support System
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 3 (2018): Desember 2018" : 7 Documents clear
Ekstraksi Citra Digital Tulisan Mandarin Ke Dalam Terjemahan Tulisan Latin Bahasa Indonesia Dengan Stroke Extraction Dan Template Matching Robert Robert; Ananda Ananda; Ibnu Surya
Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi Vol 4, No 3 (2018): Desember 2018
Publisher : Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Andalas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25077/TEKNOSI.v4i3.2018.138-148

Abstract

Bahasa adalah sistem simbolik dari suara acak, yang digunakan oleh orang untuk berkomunikasi. Mandarin berada di peringkat pertama bahasa yang paling banyak digunakan menurut survei Nationalencyklopedin, dan Mandarin menggunakan huruf yang disebut Hanzi. Manusia memiliki berbagai cara berkomunikasi, salah satunya dengan menulis. Perangkat lunak ini dapat mengenali tulisan melalui gambar dengan menerapkan Pemrosesan Gambar Digital. Penelitian ini bertujuan untuk membangun aplikasi yang dapat mendeteksi Hanzi Mandarin dengan menerapkan Digital Image Processing. Digital Image Processing mengacu pada pemrosesan gambar dua dimensi menggunakan komputer. Metode pemrosesan gambar dengan Stroke Extraction dan Template Mathcing diterapkan solusi untuk masalah ini. Stroke Extraction digunakan untuk melakukan ekstraksi stroke dasar (pi hua) pada gambar Mandarin Hanzi dan kemudian mengenalinya menggunakan Template Mathcing. Aplikasi diuji dengan Receiver Operating Characteristic sehingga kurva yang dapat membantu proses analisis dapat ditarik. Berdasarkan hasil kurva ROC yang dijelaskan, metode Stroke Extraction masih membutuhkan pengembangan karena tingkat keberhasilan yang rendah dalam menghitung sejumlah stroke. Aplikasi yang dibangun berhasil mengekstraksi Mandarin Hanzi baik tulisan tangan dan dicetak dan diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dengan akurasi 76,47%. Dapat disimpulkan bahwa metode Stroke Extraction dan Template Matching cukup efisien dalam mengolah gambar digital Mandarin Hanzi untuk diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.
Pembangunan Auto Backup SQL Database Server Menggunakan Raspberry Pi : Studi Kasus Dwiny Meidelfi; Hidra Amnur; Novri Novri
Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi Vol 4, No 3 (2018): Desember 2018
Publisher : Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Andalas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25077/TEKNOSI.v4i3.2018.130-137

Abstract

Pembangunan auto backup SQL database server bertujuan untuk menutupi kelemahan pada database Server jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negeri Padang. Server ini menanggulangi kemungkinan terjadinya kerusakan data, kehilangan data atau kerusakan media penyimpan database. Raspberry Pi adalah mikro komputer yang digunakan sebagai backup server.  Spesifikasi yang minim dapat digunakan secara optimal untuk membangun backup server karena tidak banyak sumber daya yang sia-sia. Backup database dilakukan dengan cara menggabungkan beberapa fungsi dari komponen sistem linux rsync dan crond Job. Rsync digunakan untuk proses pengiriman data dari database server ke backup server dan crond job digunakan untuk melakukan penjadwalan terhadap proses backup. Proses backup menggunakan komponen linux ini memiliki kemungkinan kegagalan backup yang minim karena rsync akan mengulangi setiap proses backup yang gagal atau kerusakan data hasil pengiriman.
Model Persepsi Penggunaan Media Sosial pada Perkuliahan dengan Modifikasi Task Technology Fit dan Expectation Confirmation Theory Kurniabudi Kurniabudi; Setiawan Assegaff
Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi Vol 4, No 3 (2018): Desember 2018
Publisher : Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Andalas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25077/TEKNOSI.v4i3.2018.107-114

Abstract

Penerimaan teknologi informasi di bidang pendidikan menjadi hal yang menarik untuk dibahas. Keberhasilan implementasi teknologi informasi untuk mendukung pembelajaran tergantung pada penggunaan berkelanjutan. Diyakini bahwa ini dipengaruhi oleh kepuasan dan pemilihan  teknologi yang digunakan. Facebook adalah media sosial paling populer di kalangan para siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengusulkan model kepuasan dan task-fit perceptions dari penggunaan media sosial dalam pendidikan. Penelitian ini dilakukan dengan membahas tentang kerangka teori, identifikasi faktor, mengembangkan model dan instrumen penelitian. Studi ini mengusulkan model yang dikembangkan dengan mengadopsi Task Technology Fit dan Expectation-Confirmation Theory. Untuk membangun model itu, lima konstruk telah dipilih seperti persepsi kesesuaian tugas, pemanfaatan, kualitas layanan, kepuasan dan konfirmasi atas niat untuk terus menggunakan teknologi. Selain itu, mendasari teori yang digunakan dalam penelitian ini beberapa hipotesis telah dirumuskan.
Rancang Bangun Aplikasi Point of Sales Distro Management System dengan Menggunakan Framework React Native Putu Dika Arta Wiguna; I Putu Agus Swastika; I Putu Satwika
Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi Vol 4, No 3 (2018): Desember 2018
Publisher : Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Andalas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25077/TEKNOSI.v4i3.2018.149-159

Abstract

Perkembangan dunia fashion remaja selalu mengalami peningkatan dengan hadirnya berbagai jenis produk-produk baru yang selalu menarik dan inovatif. Berkembangnya fashion remaja saat ini seiring dengan bertambahnya permintaan dari konsumen. Pada proses bisnis distro ini, ternyata para pelaku bisnis distro ini menjalankan bisnisnya secara manual tanpa memanfaatkan perkembangan teknologi saat ini, sehingga mereka masih kesusahan dalam melakukan pencatatan transaksi, manajemen produk, dll. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka perlu untuk membuat aplikasi Point of Sales untuk mempermudah pegawai distro dalam pekerjaannya. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah classic life cycle dan untuk pengumpulan data yaitu dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi pada distro yang dijadikan tempat penelitian. Berdasarkan hasil dari pengumpulan data, maka dibuatlah rancangan sistem, rancangan database dan rancangan antarmuka. Rancangan tersebut kemudian dituangkan kedalam coding untuk membuat aplikasi dengan menggunakan framework react native dan setelah aplikasi selesai dibuat, maka dilakukan pengujian terhadap aplikasi tersebut dengan metode black box testing. Hasil dari pengujian yang telah dilakukan sudah sesuai dengan yang diharapkan sehingga aplikasi Point of Sales ini berhasil dibuat dan sudah disesuaikan dengan kebutuhan pihak distro.
Ekstraksi Faktor Kompleksitas Game Menggunakan Metode Function Points Renny Sari Dewi; Trias Widha Andari; Maulidan Bagus A. Rasyid; Ramadhany Candra A.P.
Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi Vol 4, No 3 (2018): Desember 2018
Publisher : Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Andalas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25077/TEKNOSI.v4i3.2018.115-122

Abstract

Setelah Presiden Republik Indonesia membentuk Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dengan Peraturan Presiden (Perpres) No. 6 Tahun 2015, Bekraf berinisiatif untuk mendorong para pelaku bisnis kreatif untuk berkolaborasi dengan pemerintah untuk meningkatkan rekonstruksi negara dari bisnis hiburan ini. Game hari ini telah menjadi sarana pendidikan yang dapat diterima oleh semua kalangan masyarakat. Oleh karena itu, peneliti bertujuan untuk membantu bisnis bidang kreatif digital untuk memperkirakan upaya pengembangan game komputer berdasarkan metode Function Points (FP) yang lebih dikenal sebagai perhitungan biaya proyek pengembangan perangkat lunak aplikasi. Hasil dari penelitian ini adalah kebutuhan untuk memodifikasi pemahaman parameter permainan komputer mulai dari input, output, inquiry, file logika intern, dan extern. Setelah itu, faktor kompleksitas perlu didefinisikan ulang dan disinkronkan dengan delapan item taksonomi LeBlanc. Kemudian, kolaborasinya disebut Game Complexity Factors (GCF). GCF memiliki 22 item faktor kompleks yang terdiri dari 8 taksonomi LeBlanc untuk kesulitan lingkungan dan 14 item kompleksitas teknis.Setelah Presiden Republik Indonesia membentuk Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dengan Peraturan Presiden (Perpres) No. 6 Tahun 2015, Bekraf berinisiatif untuk mendorong para pelaku bisnis kreatif untuk berkolaborasi dengan pemerintah untuk meningkatkan rekonstruksi negara dari bisnis hiburan ini. Game hari ini telah menjadi sarana pendidikan yang dapat diterima oleh semua kalangan masyarakat. Oleh karena itu, peneliti bertujuan untuk membantu bisnis bidang kreatif digital untuk memperkirakan upaya pengembangan game komputer berdasarkan metode Function Points (FP) yang lebih dikenal sebagai perhitungan biaya proyek pengembangan perangkat lunak aplikasi. Hasil dari penelitian ini adalah kebutuhan untuk memodifikasi pemahaman parameter permainan komputer mulai dari input, output, inquiry, file logika intern, dan extern. Setelah itu, faktor kompleksitas perlu didefinisikan ulang dan disinkronkan dengan delapan item taksonomi LeBlanc. Kemudian, kolaborasinya disebut Game Complexity Factors (GCF). GCF memiliki 22 item faktor kompleks yang terdiri dari 8 taksonomi LeBlanc untuk kesulitan lingkungan dan 14 item kompleksitas teknis.
Pemanfaatan Elasticsearch untuk Temu Kembali Informasi Tugas Akhir Ardian Prima Atmaja; Susilo Veri Yulianto
Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi Vol 4, No 3 (2018): Desember 2018
Publisher : Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Andalas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25077/TEKNOSI.v4i3.2018.160-167

Abstract

Teknologi Informasi (TI) telah menjadi pendukung utama dalam menjalankan operasional di berbagai kebutuhan organisasi, termasuk perguruan tinggi. Bentuk dari produk teknologi informasi yang paling sering digunakan adalah sistem informasi yang dapat diakses dari perangkat-perangkat TI seperti laptop atau smartphone. Di perguruan tinggi, data-data digital yang terkumpul di pusat data dapat dimanfaatkan kembali sehingga dapat bermanfaat kembali bagi siapa saja yang membutuhkan. Salah satu data yang dapat dimanfaatkan kembali adalah Tugas Akhir mahasiswa dari tahun ke tahun. Hal ini membuka peluang untuk dilakukan Big Data Analytics di perguruan tinggi. Politeknik Negeri Madiun (PNM) merupakan perguruan tinggi negeri baru yang belum memiliki pusat data Tugas Akhir yang terintegrasi. Makalah ini dibangun sebuah pusat data Tugas Akhir yang dapat dilakukan pencarian kembali (information retrieval) oleh pengguna yang membutuhkannya sebagai referensi ilmiah, sekaligus sebagai inisiasi Big Data yang nantinya dapat dilakukan pengembangan analisis lebih lanjut. Sistem temu kembali informasi atau mesin pencari dokumen Tugas Akhir yang dikembangkan berbasis Elasticsearch dan framework PHP Laravel. Sistem ini juga akan diintegrasikan dengan Single Sign On (SSO) dan Student Portal PNM yang sudah ada, sehingga untuk mengakses informasi yang lebih lengkap seperti makalah publikasi ilmiah atau video Tugas Akhir (bila ada) hanya menggunakan otentifikasi satu akun yang dimiliki oleh civitas akademika PNM saja. Penelitian ini juga bertujuan sebagai inisiasi pengelolaan Big Data di lingkungan PNM yang dipastikan setiap tahun semakin bertambah banyak.
Model Prioritisasi untuk Manajemen Portofolio Proyek Aplikasi di E-Government: Literatur Review Rita Sari; Tony Dwi Susanto
Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi Vol 4, No 3 (2018): Desember 2018
Publisher : Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Andalas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25077/TEKNOSI.v4i3.2018.123-129

Abstract

Pengembangan teknologi yang cepat dapat digunakan untuk memenuhi permintaan yang meningkat untuk sebuah proyek, terutama di berbagai organisasi pemerintah umum seperti E-Government (layanan teknologi informasi berbasis elektronik yang digunakan oleh pemerintah) untuk menghadapi berbagai kendala sumber daya dan oleh karena itu harus membuat pilihan. Secara umum, dalam hal memilih antara lusinan dan ratusan alternatif untuk proyek, portofolio organisasi dan prioritasnya adalah masalah pengambilan keputusan multi-kriteria yang kompleks solusi yang membutuhkan teknik yang jelas, metode, dan definisi faktor untuk pengambilan keputusan dan prioritisasi pengambilan keputusan (decision-making). Pada studi literatur ini terdapat perumusan masalah yakni kriteria faktor model pembanding untuk model prioritisasi serta menemukan kerangka kerja dan metodologi yakni mengenai prioritisasi manajemen portfolio di bidang pemerintahan khususnya pada E-Government. Tinjauan pustaka dilakukan untuk mengidentifikasi karakteristik organisasi publik yang diusulkan untuk memulai penelitian tentang penerapan prioritas manajemen portofolio, serta metodologi dan praktik yang digunakan dan aspek lain yang relevan dari topik tersebut. Studi ini mengeksplorasi penggunaan dan teknik manajemen portofolio dari beberapa studi sebelumnya yang telah diuji dalam praktek dan metodologi prioritas proyek dalam layanan pemerintah umum. Hasil penelitian ini berkontribusi untuk memperkaya teori tentang teknik, metode, terutama prioritas manajemen proyek portofolio dalam kasus pemerintah.

Page 1 of 1 | Total Record : 7